Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Ketat dalam Pendaftaran Calon Bupati


Pinrang  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memperketat pengawasan terhadap pendaftaran calon bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ditiap titik yg tersebar di 12 Kecamatan  dengan mempersiapkan anggota Panwaslu kecamatan serta pengawas kelurahan/ desa Se-Kab.Pinrang .Pengawasan ini bertujuan memastikan agar pada tahapan pendaftaran bakal  calon  bupati dapat berjalan dengan lancar dan mencegah adanya praktik yang tidak diperbolehkan.


Anggota Bawaslu Pinrang Ruslan yang juga sebagai Koordinator Divisi  penanganan pelanggaran & Penyelesaian Sengketa menegaskan bahwa pengawasan ketat dilakukan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pendaftaran. "Kami berkomitmen untuk mengawasi setiap langkah dalam proses pendaftaran calon bupati untuk menjaga integritas Pilkada," ujarnya di KPU Pinrang pada proses pengawasan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil bupati Pinrang Kamis,28 Agustus 2024.


Selanjutnya pada tahapan pendaftaran yang dilakukan oleh KPU Pinrang, Bawaslu akan memeriksa kelengkapan dokumen, verifikasi data calon, dan kepatuhan terhadap aturan kampanye yang nantinya ketika telah ditetapkan sebagai calon . Bawaslu juga meminta partai politik dan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mengawasi proses ini, serta melaporkan adanya dugaan pelanggaran.


Langkah ini diharapkan dapat mencegah pelanggaran dan memastikan pemilihan kepala daerah berlangsung adil dan sesuai dengan prinsip demokrasi.

Previous Post Next Post